Sabtu, 15 September 2012

Contoh Sambutan tentang Go Green


PIDATO SAMBUTAN
SRI PADUKA PAKU ALAM IX
PADA PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP
PROVINSI DIY , 5 Juni 2012

            Assalamualaikum wr.wb
Selamat Pagi & Salam Sejahtera bagi kita semua
Para tamu undangan dan hadirin sekalian yang saya hormati
Pada  kesempatan kita kali ini marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas izin-Nya kita semua dapat berkumpul untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.
Hadirin yang berbahagia,
Sejak tahun 2000, setiap tanggal 5 Juni, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkannya sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day/WED), menjadi hari bagi penduduk Bumi meneguhkan kembali arti penting lingkungan hidup dalam kehidupan sehari-hari.

            Tahun ini WED mengambil tema
Green Economy: Does it Include You? yang mengadvokasi pentingnya pelaksanaan ekonomi hijau oleh semua pihak sesuai dengan kapasitasnya sebagai negara, perusahaan, dan individu.
Banyak sekali pabrik – pabrik merusak lingkungan hanya demi kemajuan ekonomi pabrik itu semata. Banyak dari mereka yang membuang limbah tampa mengelolah terlebih dahulu. Walaupun keuntungan lebih banyak namun apa artinya jika mengambil keuntungan dengan meruguikan lingkungan dan masyarakat sekitar.

Memang Industri Pabrik merupakan kebutuhan utama bagi suatu negara, terutama negara-negara berkembang seperti Indonesia. Tidak kalah pentingnya transportasi juga menjadi penunjang dalam pertumbuhan suatu negara berkembang. Namun apa artinya sebuah kemajuan bangsa bila lingkungan hidup yang melingkupinya tidak ikut maju pula, karena kita semua tau akan dampak yang di timbulkan oleh pengembangan industri dan transportasi yang berlebihan.
Hadirin yang Berbahagia
Yang menjadi persoalan yang berat ialah dampak dari polusi pabrik dan alat transportasi yaitu meningkatnya suhu bumi, mencairnya es di kutub, meningkatnya volume air laut, masuknya sinar UV matahari yang bisa menyebabkan kaker kulit, Menaikkan kasus katarak dan kerusakan mata, kulit terbakar matahari, dan kanker mata pada sapi, Menurunkan daya kekebalan tubuh (imunitas) manusia hingga mudah sakit, sesat nafas, dll.
Semakin hari bumi justru semakin kritis, lapisan ozon semakin menipis. Tuhan menitipkan bumi ini kepada kita, seharusnya kita semua menjaganya bukan merusaknya. oleh karena itu di hari yang hanya setahun sekali ini, marilah ktia cegah Global Warming dengan memberikan ruang hijau yang telah hilang dselama ini. Tidak hanya tanggal 5 juni saja, namun setiap saat marilah ktia tetap mejaga lingkungan hijau kita. Laksanakan Go Green di setiap kehidupan kita. Karena bumi ini bukan warisan nenek moyang melainkan pinjaman dari anak cucu yang harus kita kembalikan ke anak cucu kita.
Hadirin yang berbahagia,
Pada akhirnya, marilah kita panjatkan bismillah sebelum memulai menanam satu biji yang bisa menyelamatkan satu planet yang sangat indah. Semoga dengan ridho-Nya ktia mampu menjaga amanat yang luar biasa ini. Amin


SRI PADUKA PAKU ALAM XI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya:)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...