Kamis, 26 Januari 2012

Patung Lovely One


                                     LOVELY ONE

Ide :           Ide penciptaan patung ini menggambarkan sebuah kehidupan nyata masa sekarang.    Yaitu perempuan yang melahirkan anaknya di luar nikah dan sang suami tak mau bertanggung jawab.

Teknik :     Teknik pembuatannya menggunakan teknik senimemahat tradisional.

Keunikan : Uniknya, si bayi tidak patung berwujud bayi sungguhan, melainkan sebuah  patung boneka.

                Patung yang berjudul lovely one ini menggambarkan seorang perempuan yang mengasuh bayinya seorang diri tanpa ada sang suami di sisinya atau sering disebut dengan single parent.
Ia sedang memeluk sebuah boneka, dimana boneka ini menggambarkan bayinya. Dan di sebelahnya telihat satu payudaranya, yang menggambarkan bahwa ia adalah seorang ibu.
 Dari raut wajahnya, perempuan ini nampak mempunyai kelelahan yang mendalam. Dapat dilihat dari wajahnya yang berpaling dari si bayi. Matanya yang sayu. Tetapi bola matanya melirik ke arah sang bayi. Mengartikan bahwa ia tak ingin memandang bayi ini, namun satu sisi hatinya ingin sekali merawat bayi satu-satunya itu.
            Kemudian, di peukannya bukanlah patung bayi sungguhan melainkan patung boneka, mengapa? Sebab boneka merupakan sebuah replika, bukan  barang yang sesungguhnya, menandakan bahwa bayi ini sungguh lahir bukan atas kemauan ia sepenuhnya. Satu tangannya memeluk bayi dan tubuhnya. Mengapa tak kedua tangannya? Sebab tangan yang satu menolak adanya bayi ini, namun satu tangan lagi sangatlah ingin menjaga bayi satu-satunya itu. Jadi patung ini menggambarkan perempuan yang satu sisi hatinya menolak sang bayi, karena kelahiran yang tidak diinginkan, namun di lubuk hati yang paling dalam, ia sangat ingin menjaga bayinya. Karena sesungguhnya ia mencintai, mengasihi dan menyayangi bayi satu-satunya itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya:)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...