Sabtu, 21 Januari 2012

Contoh membuat teks adegan dalam Film


Pemeran utama
Sasha    : Cewe broken home, mudah terpengaruh
Roy        : Cowo elek, narkoba, pergaula bebas
Astri       : Pinter, Alim
Scane pembuka
Tempat                : Pemakaman
Waktu   : Siang Hari
Adegan                : (HUJAN) beberapa teman – teman melayati Roy. Tak lama kemudian tinggalah Sasha sendiri merenungi apa yang telah terjadi.
(FLASHBACK)
Scane 1
Tempat : Rumah Sasha (KAMAR)
Waktu   : Sore Hari
Adegan                : Sasha sedang membuka buku, tiba2 dia melihat secarik kertas hasil ulangannya, dia berniat akan memperlihatkannya pada orang tuanya akan tetapi ketika dia membuka pintu dia megintip dan melihat ayah ibunya yang sedang bertengkar, Sasha pun kembali menutup pintunya, bersandar dan menangis melihat keluarganya yang hancur. Tetesan air matanya pun membasahi kertas ulangan itu dan membuat nilai yg tertulis luntur karena air matanya. Akhirnya di robeklah kertas ulangan itu dan di lempar ke tempat sampah.
Scane 2
Tempat                : Sekolah (KANTIN)
Waktu   : Istirahat Sekolah
Adegan                : Pada saat istirahat sekolah, Astri, Sasha, Roy bertemu di kantin. Mereka membicarakan hasil ulangan mereka. Namun shasha tampak murung dan sedih, astri menanyakan apa yang terjadi pada shasha, akan tetapi sasha diam dan mengelak tidak mau menjawab. Sesaat kemudian astri pergi karena ada panggilan dari seseorang. Tinggalah roy dan shasha, roy kali ini menanyakan apa yg terjadi dengan sasha, kali ini dia menjawab, dia sedang mengalami masalah dengan keluarganya, dia stress menghadapi kehidupannya dirumah, seolah tidak ada kasih sayang yang dia dapatkan dari orang tuanya. Roy menanggapinya dengan santai seolah masalah itu bukanlah masalah besar yang tidak dapat diselesaikanya, hal yang sama juga sering dialami oleh roy, dia menyarankan sasha untuk meminum pil estasi, namun roy tidak memberi tahu kepada sasha, dia hanya mengatakan kalau pil itu merupakan vitamin untuk menenangkan pikiran. Akhirnya sasha menerima pil itu dan memasukkannya kedalam buku yg dia bawa.
Scane 3
Tempat : Rumah Sasha (Ruang Tamu)
Waktu   : Pulang sekolah
Adegan                : selesai pulang sekolah sasha langsung pulang kerumahnya, sasha mendengar suara ribut2 dari rumah dan tergesa-gesa masuk hingga akhirnya dia menabrak ibunya dan dia terjatuh, bukunya terlempar dan pil yg tersimpan dalam buku itu terhempas keluar, sasha pun berusaha menyembunyikan pil itu kemudian dia masuk ke kamarnya.
Scane 4
Tempat                : Rumah Sasha (Kamar)
Waktu   : Setelah scane 3
Adegan                : Sasha masuk ke kamar dan terhempas di kasurnya (menangis), ibunya mengetok pintu dan menanyakan apa yang terjadi. Namun sasha enggan menjawab dan menyuruh sang ibu pergi. Sasha kemudian ingat pil pemberian roy. Diapun menelan pil itu dan tak lama kemudian dia merasa fly seolah mencapai surga dunia dan terbebaskan dari masalah yg dia hadapi.
Scane 5
Tempat                : Rumah Sasha
Waktu   : Pagi Hari
Adegan                : Sasha bangun kesiangan. Ibunya membangunkan dan menyuruhnya bergegas ke sekolah. Akan tetapi sasha menolak berangkat sekolah, sang ibu menampar sasha dan memaksanya berangkat sekolah. Akhirnya sasha berangkat dengan terpaksa .
Scane 6
Tempat                : Depan Gerbang Sekolah
Waktu   : Pagi hari
Adegan                : Sasha dengan motornya berhenti di depan gerbang sekolah. Dia tidak segera masuk, melainkan dia berhenti dan menelfon roy dimana sekarang dia berada. Sasha akhirnya memutuskan untuk bolos dan bertemu dengan roy di sebuah gudang tua bersama teman – teman roy yang lain.
Scane 7
Tempat                : Gudang Tua
Waktu   : Pagi hari
Adegan                : Sasha memasuki gudang tua itu dan kaget melihat roy bersama teman – temannya sedang mabuk – mabukan. Bahkan ada yang dalam kondisi tidak sadar. Awalnya sasha menolak ajakan roy dan teman – temannya untuk mabuk – mabukan. Akan tetapi akhirnya sasha terpengaruh dan mulai meminumnya. Hingga akhirnya dia juga mencoba narkoba dan ganja yang ditawarkan roy.

Scane 8
Tempat                : Kelas
Waktu   : Pagi Hari
Adegan : Astri yang tidak seperti biasanya dia duduk sendirian. Biasanya sasha satu bangku dengan dia tapi hari ini dia tidak hadir, begitu juga dengan roy yang tidak hadir saat itu.

Scane 9
Tempat : Club
Waktu   : Malam Hari
Adegan                : Sasha dan teman – temannya sedang clubing, minum minuman keras dan narkoba, hingga larut malam, saat sasha sedang mabuk berat roy pun mengajak sasha untuk melakukan tindak asusila
Scane 10
Tempat                : Kelas
Waktu   : Pagi hari
Adegan                : Astri heran sasha dan roy membolos begitu lama. Dlihatnya dalam papan absen, roy dan sasha telah bolos selama 13 hari. Akhirnya astri memutuskan untuk menengok sasha.
Scane 11
Tempat                : Rumah sasha
Waktu   : Pulang sekolah
Adegan                : astri datang ke rumah sasha,menanyakan kenapa dia tidak masuk selama ini, sasha yang terbaring pucat di kasurnya enggan unuk menjawabnya. Astri melihat asbak dan rokok di bawah kasur sasha. Astripun mulai curiga dengan sasha, tiba – tiba sasha lari ke kamar mandi dan muntah – muntah.  Kemudian astri membawa sasha ke rumah sakit
Scane 12
Tempat                : Gudang Tua
Waktu   : Siang Hari
Adegan                : Roy over dosis, dia terbaring di lantai dengan busa di mulutnya, tiba - tiba polisi datang menggerebek roy dan temanya, akan tetapi semua berhasil kabur keculai roy sudah tak berdaya. kemudian roy di larikan ke rumah sakit.


Scane 13
Tempat                : Rumah Sakit
Waktu   : Siang Hari
Adegan                : astri dan sasha sedang menunggu antrian periksa, dan setelah di periksa ternyata sasha bener2 hamil, kemudian saat mereka sedang duduk di kursi  tiba – tiba datang mayat roy yang terbaring di kasur dorong. Sashapun kaget dan lari menuju mayat itu. Ketika dia membuka kain dari kasur tersebut ternyata dia melihat bahwa roy sudah tidak bernyawa lagi.
Scane penutup
Tempat                : Pemakaman
Waktu   : Sore hari
Adegan                : sasha sellesai membayangkan apa yang terjadi, diambilnya secarik kertas di sakunya bertuliskan surat keterangan dokter positif hamil dan positif mengidap HIV/AIDS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya:)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...