Selasa, 19 Juni 2012

Pengertian RNA lengkap!


RNA
·           Asam ribonukleat (bahasa Inggris:ribonucleic acid, RNA) senyawa yang merupakan bahan genetik dan memainkan peran utama dalam ekspresi genetik.
·           Fungsi RNA adalah sebagai material genetika pada beberapa virus dan penghubung antara DNA dan protein saat melakukan sintesis protein.
·           Struktur dasar RNA mirip dengan DNA. RNA merupakan polimer yang tersusun dari sejumlah nukleotida. Setiap nukleotida memiliki satu gugus fosfat, satu gugus pentosa, dan satu gugus basa nitrogen (basa N). Polimer tersusun dari ikatan berselang-seling antara gugus fosfat dari satu nukleotida dengan gugus pentosa dari nukleotida yang lain.
·         Tipe RNA
RNA terdiri dari tiga tipe, yaitu mRNA ( messenger RNA ) atau RNAd ( RNA duta ), tRNA ( transfer RNA ) atau RNAt ( RNA transfer ), dan rRNA ( ribosomal RNA ) atau RNAr ( RNA ribosomal ).
·         RNAd
RNAd merupakan RNA yang urutan basanya komplementer dengan salah satu urutan basa rantai DNA.RNAd membawa pesan atau kode genetik (kodon) dari kromosom (di dalam inti sel) ke ribosom (di sitoplasma).Kode genetik RNAd tersebut kemudian menjadi cetakan utnuk menetukan spesifitas urutan asam amino pada rantai polipeptida.RNAd berupa rantai tunggal yang relatif panjang.Berikut gambarnya :
·         RNAr
RNAr merupakan komponen struktural yang utama di dalam ribosom.Setiap subunit ribosom terdiri dari 30 – 46% molekul RNAr dan 70 – 80% protein.
·         RNAt
RNAt merupakan RNA yang membawa asam amino satu per satu ke ribosom.Pada salah satu ujung RNAt terdapat tiga rangkaian baa pendek ( disebut antikodon ).Suatu asam amino akan melekat pada ujung RNAt yang berseberangan dengan ujung antikodon.Pelekatan ini merupakan cara berfungsinya RNAt, yaitu membawa asam amino spesifik yang nantinya berguna dalam sintesis protein yaitu pengurutan asam amino sesuai urutan kodonnya pada RNAd.
·            
·           Perbedaan antara RNA dan DNA adalah
·         Tabel . Perbedaan DNA dan RNA

DNA (Deoxyribo Nukleat Acid)
RNA (Ribo Nukleat Acid)
-    Letak
Dalam inti sel, mitokondria, kloroplas, senriol.
Dalam inti sel, sitoplasma dan ribosom.
-    Bentuk
Polinukleotida ganda yang terpilin panjang
Polinukleotida tunggal dan pendekl
-    Gula
Deoxyribosa
Ribosa
-    Basanya
Golongan purin : adenine dan guanine
Golongan pirimidin : cytosine dan timin
Golongan purin : adenine dan guanine
Golongan pirimidin : cytosine dan urasil
-    Fungsi
-          mengontrol sifat yang menurun
-          sintesis protein
-          sintesis RNA
-       sintesis protein
-    Kadarnya
Tidak dipengaruhi sintesis protein.
Letak basa nitrogen dari kedua pita ADN saling berhadapan dengan pasangan yang tetap yaitu Adenin selalu berpasangan dengan Timin, Cytosin dengan Guanin. Kedua pita itu diikatkan oleh ikatan hidrogen.
Dipengaruhi sintesis protein.
Macam RNA :
RNA duta
RNA ribosom
RNA transfer



Berdasar hasil pemeriksaan diketahui bahwa ada 7 kromosom di dalam DNA Alfie memiliki kelebihan cabang atau untaian material. Kondisi ini belum pernah ditemukan sebelumnya di seluruh dunia. (foto: Dailymail.co.uk)

3 komentar:

  1. Perbedaan yang lebih spesifik dari DNA dan RNA apa ya? Trimakasih :) http://satriosuryadinugroho.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  2. desialdilasari@apps.ipb.ac.id
    http://desialdilasari.student.ipb.ac.id
    http://ipb.ac.id

    BalasHapus

Terima Kasih Komentarnya:)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...