Minggu, 18 Desember 2011

Keutamaan Membaca Al- Quran

            Membaca Al-quran sangat bermanfaat bagi kita semua baik di dunia maupun di akhirat Rasullulah Saw Bersabda

perumpamaan orang mukmin yangmembaca Al-quran adalah seperti buah utrujjah aromanya wangi dan rasanya enak, sedangkan orang mukmin yang tidak membaca Al-Quran adalah seperti buah kurma tidak wangi tetapi rasanya manis. dan orang munafik yang membaca Al-Quran seperti pohon raihaanah (kemangi) aromanya wangi namun rasanya pahit, sedangkan orang munafik yang tidak baca Al-Quran seperti pohon hanzalah tidak ada wanginya dan rasanya pahit (HR, Bukhari, 5/2010, no. 4732)

bacalah Al_quran karena ia akan datang pada hari kiamat memberikan Syafaat kepada pembacanya. Bacalah dua yang berkemilau ( Surat Al-Baqoroh dan surat Al-Imron) maka keduanya akan datang pada hari kiamat bagaikan2 mega atau bagaikan kawanan burung ynag memberikan bantuan kepada pembacanya. Bacalah Al-Quran, sesungguhnya mengambilnya adalah berkah dan mengabaikanya adalah kerugian, dan ia tidak bisa disentuh oleh ahli sihir (HR. Muslim, 1/553, no. 804)

Orang yang lancar membaca Al-Quran akan bersama malaikat utusan yang mulia lagi berbakti, sedangkan orang yang membaca Al-Quran sengan tersendat-sendat lagi berat, maka ia akan mendapatkan pahala(HR, Muslim,1/549, no 798)


barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan itu akan dilipat gandakan menjadi 10. Aku tidaklah mengatakan Alif, lam , mim itu satu huruf lam satu huruf, dan mum satu huruh. (HR.Trimidzi, 11/100, no.3158)


sesungguhnya Allah meninggalkan suatu kaum karena Al-Quran ini dan merendahkanya karena Al-Quran. ( HR. Muslim, 1/559, no. 817)

akan dikatakan kepada pembaca Al-Quran " Bacalah dan Naiklah, serta tartilkanlah sebagaimana kamu mentartilkanya ketika di dunia, karena kedudukanmu pada akhir ayat yang kamu baca" (Hasan Shahih, diriwayatkan oleh Trimidzi, 11/106, no.3162

"siapakah diantara kalian yang inigin berangkat pagi setiap hari ke Buhan atau'Aqiq pulang-pulang membawa 2 unta yang besar punuknya tampa melakukan dosa dan memuruskan tali silatuhrami? " para sahabat menjawab " wahai rasullullah, kami suka hal itu." beliaupun bersabda " tidaklah seseorang diantara kamu pergi ke masjid, lalu belajar atau membaca dua ayat Al-Quran, maka hal itu lebih baik dari pada 2 unta, 3 ayat lebih baik dari 3 unta,4 ayat lebih baik dari 4 unta, dan jika lebih maka lebih baik pula dari sejumlah unta." (HR. Muslim, 1/552. no 803)

Tiada hasad kecuali pada 2 perkara : orang yang Allah berikan kepadanya Al-Quran maka ia membacanya siang malam, dan orang yang Allah berikan kepadanya harta maka ia menafkakanya siang malam ( HR. Muslim, 1/558 no 815)

Pada hari kiamat Al-Quran datang dan berkata " Wahai tuhan, hiasilah ia ( pembaca Al-quran)", maka dipakaikan padanya mahkota kemuliaan. kemudian Al-Quran berkata lagi :" wahai Tuhan tambahkanlah", maka dipakaikan padanya lencana kemuliaan. kemudian Al-Quran berkata  "Ridhoilah ia" maka ia Meridhonya. kemudian dikatakan padanya : " Bacalah dan Naiklah." Lalu Ditambahkan pada setiap satu ayat satu kebaikan. (HR. Tirimidzi,11/108. no 3164)


Subhanaalah. betapa besar pahala membaca Al-quran,semoga tulisan ini daoat memberikan motivasi kepada pembaca
Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya:)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...