PROPOSAL
KEGIATAN PENELITIAN
“Pengaruh Ponsel Blackberry Terhadap Konsentrasi
Belajar Siswa”
Proposal ini dibuat sebagai salah satu syarat mengikuti
kegiatan penelitian
Yang diselengarakan oleh SMA NEGERI 3 TEMANGGUNG 2013/2014
Oleh :
Sarah
Badar Nahdi (XI IPA 3)
Sri
Rohmah (XI IPS 1)
Muhisam
(XI IPS 4)
Sindi (X-6)
PEMERINTAHAN
KABUPATEN TEMANGGUNG
DINAS
PENDIDIKAN
SMA
NEGERI 3 TEMANGGUNG
2013/2014
A. JUDUL
PENELITIAN
Pengaruh Ponsel
Blackberry terhadap konsentrasi belajar siswa
B. LATAR
BELAKANG
Di zaman globalisasi ini, dunia mengalami
perkembangan yang sangat cepat, seperti perkembangan pertanian, teknologi, perndidikan,
industry, dll. Perkembangan yang paling cepat dirasakan manusia ialah
perkembangan teknologi. Jika tahun 1996 hanya hanya orang bergaji tinggi saja
yang mampu memilki handphone yang masih ada antenya, maka sekarang (2013) tidak
ada lagi orang yang masih menggunakan handphone berantena. Jika dulu hanya
oreang dewasa saja yang mempunyai handphone, sekarang anak SD, setidaknya sudah
punya handphone berkamera.
Perkembangan perkembangan tersebut sangat
mempengaruhi kehidupan manusia, terutama kehidupan remaja yang tidak lepas dari
pergaulan. Para remaja terutama para pelajar, selalu mengikuti perkembangan
jaman agar tidak disebut kuno. Hal yang menjadi kebutuhan para pelajar adalah handphone. Perkembangan teknologi telah
memunculkan berbagai macam variasi handphone. Salah satu jenis handphone yang
yang popular dikalangan remaja ialah Blackberry
Smartphone.
Yang menjadi daya tarik dari Blackberry Smartphone ialah Blackberry Messanger (BBM) ini merupakan fasilitas chatting atau fasilitas
percakapan singkat yang disediakan Blackberry. Dengan fasilitas BBM ini maka
pengguna dapat mengirim pesan singkat, mengirim gambar, data melakukan
percakapan secara berkelompok atau conference, mengirimkan pesan suara maupun
mengirimkan lokasi dimana kita berada. Fasilitas lain dari Blackberry,
misalnya;fasilitas push e-mail (mengirimkan pesan elektronik dengan jaringan
internet),browsing (penjelajahan dunia maya dengan jaringan internet), hiburan
sepertipemutaran musik maupun video, kamera dan juga kemampuan penyimpanan data
yang hampir mirip seperti yang terdapat pada komputer.
Penggunaan Blackberry
Messanger yang semakin berkembang di kalangan pelajar
ini, menimbulkan berbagai macam perubahan sikap dan perilaku di kalangan
pelajar itu sendiri. Para pelajar sering membawa blackberry ke sekolahan dan
menggunakanya bahkan saat KBM(Kegiatan belajar mengajar sedang berlangsun) Hal
inilah yang membuat kami tergerak untuk melakukan semacam penelitian tentang
blackberry
C.
RUMUSAN MASALAH
a. Apa presepsi Siswa SMA negeri 3 Temanggung tentang
blackberry?
b. Bagaimana
pengaruh Blacberry terhadap konsentrasi belajar siswa?
c. Apa saja dampak yang ditimbulkan dari penggunaan
blackberry messanger di kalangan siswa SMA Negeri 3 Temanggung ?
D.
TUJUAN
a. Untuk mencegah agar siswa tidak menggnakan ponsel
blacberry saat pelajaran berlangsung
b. Memberikan
masukan pengetahuan bagi para pelajar tentang fenomena pengunaan blackberry
c. Mengunkan blackberry pada waktu yang tepat
E.
OBJEK PENELITIAN
Sasaran
penelitian kami ialah siswa kelas X dan kelas XI
F.
METODE PENELITIAN
untuk membantu suksessnya penelitian ini, maka kami
menggunakan 2 metode sekaligus yaitu :
Ø
Metode
Kualitatif (sukar diukur dengan angka)
Metode
kasus ( case Study ). Di lakukan melalui wawancara (Interview), pengamatan, /
panduan dari daftar pertanyaan
Ø
Metode
Kuantitatif ( Dengan Angka )
Survey.
Pengambilan data pada sekelompok masyarakat yang besar jumlahnya, tetapi hanya
mewawancarai sejumlah kevi; pupulasi / sekelompok masyarakat.
G.
HIPOTESIS SEMENTARA
a. Siswa
SMA NEGERI 3 TEMANGGUNG masih menganggap
blackberry sebagai kebutuhan bukan pelengkap
b. Jika
siswa tau dampak penggunaan blackberry, maka konsentrasi belajar siswa tidak
terganggu, karena siswa itu bisa berhati hati dalam menggunakan blackberry
c. Jika
siswa tidak tau dampak penggunaan blackberry, maka sisw itu terganggu
konsentrasinya
d. Terlalu
banyak menggunakan blackberry akan mengakibatkan ketagihan.
H.
RENCANA BIAYA PENELITIAN
Penelitian
ini merupakan penelitian ilmiah yang dilakukan karena rasa keingin tauan kami
yang tinggi dan merupakan keperihatinan penulis mengenai kondisi siswa. Oleh karena
itu biaya ditanggung sendiri oleh kami.
I.
JADWAL PENELITIAN
a. Minggu
I : persiapan,
membuatkan daftar pertanyaan
b. Minggu
II – IV : melakukan penelitian,
angket, dsb
c. Minggu
V : menyusun laporan
akhir
J.
PENUTUP
Demikian proposal yang kami buat agar menjadi acuan kami
dalam meneliti “ Pengaruh Ponsel Blackberry terhadap Konsentrasi belajar Siswa”
tidak lupa kritik dan saran sangat kami butuhkan demi kemajuan penelitian kami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih Komentarnya:)