Minggu, 18 November 2012

Contoh Proposal Penelitian (Pengaruh Bumbu masak terhadap daya ingat siswa)

PROPOSAL
KEGIATAN PENELITIAN
“Pengaruh Penyedap Rasa (MSG) terhadap
Daya Ingat Siswa”
Proposal ini dibuat sebagai salah satu syarat mengikuti kegiatan penelitian
Yang diselengarakan oleh SMA NEGERI 3 TEMANGGUNG 2012/2013


Oleh    :
Muhisam ( XI IPS 4 )
Sarah Badar Nahdi ( XI IPA 3 )
Sri Rohmah ( XI IPS 1 )
Sindi (X–6)


PEMERINTAHAN KABUPATEN TEMANGGUNG
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 3 TEMANGGUNG
2012/2013

A.  Judul Penelitian
Pengaruh Bumbu Masak terhadap Daya Ingat Siswa
B.  Latar Belakang

IPS  adalah jurusan yang identik dengan hafalan-hafalan karena materi-materi pelajaran IPS sebagian besar merupakan teori-teori. Oleh karena itu siswa yang mengambil jurusan IPS harus memiliki daya ingat yang tinggi, sehingga akan lebih mudah menghafal materi yang di ajarkan.
Untuk meningkatkan daya ingat otak, maka harus di dorong oleh gizi yang di konsumsi oleh siswa. Makanan yang di konsumsi harus mengandung gizi dan vitamain yang cukup baik untuk menjaga dan menambah daya ingat siswa.
Makanan yang menambah ingtan siswa antara lain ialah kacang-kacangan, brokoli, kuaci biji labu, daging sapi tampa lemak, kedelai, hati ayam, dll.
Makanan yang memiliki khasiat luar biasa itu, biasanya memiliki rasa yang tidak menggoyang lidah. Untuk menambah rasa yang lebih sedap, para orang tua terutama ibu, biasanya menambahkan aneka penyedap bumbu masak seperti monotarium glutamat (MSG) untuk menambahkan rasa.
Mononatrium glutamat yang juga disebut monosodium glutamat (MSG) atau mononatrium glutamat adalah kombinasi ikatan garam natrium dari asam glutamat yang berfungsi sebagai penguat rasa makanan. Kandungan MSG biasanya terdapat dalam beberapa jenis makanan, terutama bumbu penyedap rasa dan sebagian snack untuk cemilan sehari-hari.
Di dalam kandungan MSG biasanya selalu ditambahkan dengan berbagai zat Adiktif. Zat adiktif adalah bahan kimia yang dicampurkan ke dalam makanan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, menambahkan rasa dan memantapkan kesegaran produk tersebut (Anonimous 2000)
Untuk para siswa terutama pada masa pertumbuhan lebih rentan terhadap efek MSG daripada dewasa. Apalagi jika MSG selalu diapakai pada setiap masakan. Efeknya tidak secara langsung kelihatan, namun dalam jangka panjang dan pelan pelan.
Jika siswa adalah aset suatu bangsa yang harus di jaga dan dilindungi, maka apa yang akan terjadi dengan bangsa kita selanjutnya jika para pemudanya menggunakan zat adiktif secara tidak langsung?
C.  RUMUSAN MASALAH
Dalam penelitian ilmiah ini, penulis akan mencoba merumuskan persoalan dalam bentuk beberapa pertanyaan sebagai berikut :
Ø  Apakah yang dimaksud dengan MSG (Monosodium Glutamat) ?
Ø  Apa saja pengaruh yang ditimbulkan Penyedap rasa (MSG) terhadap kesehatan?
Ø  Benarkah penyedap rasa (MSG) dapat mempengaruhi ingatan siswa?
D.  Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk :
Ø  Menambah wawasan peneliti dan pembaca
Ø  Mencegah sedini mungkin pengunaan bumbu masak
Ø  Membantu para siswa memudahkan menghafal
E.   Obbjek penelitian
Sasran kegiatan penelitian ini adalah siswa kelas XI  IPS serta kelas berberapa X

F.   METODE PENELITIAN
Untuk membantu suksessnya penelitian ini, maka kami menggunakan 2 metode sekaligus yaitu     :
Ø  Metode Kualitatif (sukar diukur dengan angka)
Metode kasus ( case Study ). Di lakukan melalui wawancara (Interview), pengamatan, / panduan dari daftar pertanyaan
Ø  Metode Kuantitatif ( Dengan Angka )
Survey. Pengambilan data pada sekelompok masyarakat yang besar jumlahnya, tetapi hanya mewawancarai sejumlah kevi; pupulasi / sekelompok masyarakat.




G.  HIPOTESIS SEMENTARA
Hipotesa yang akan dicoba berdasarkan kerangka pemikiran ialah    ;
·         Monosodium glutamat (MSG) adalah salah satu dari beberapa bentuk asam glutamat yang berfungsi sebagai penguat rasa makanan
·         MSG dapat menurunkan kinerja otak, menyebabkan ketagihan, Obesitas, dan menganggu struktur dan kinerja otak.
·          Penyedap rasa (MSG) bisa menurunkan daya ingat siswa karena mengandung zat akditif yang menganggu kerja neuron otak

H.  RENCANA BIAYA PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian ilmiah yang dilakukan karena rasa keingin tauan penulis yang tinggi dan merupakan keperihatinan penulis mengenai kondisi ingatan siswa. Oleh kaena itu biaya diyanggung sendiri oleh penulis.
I.      JADWAL PENELITIAN
Minggu I         : Persiapan
Minggu II-IV  : interview terhadap objek dan meneliti kandungan MSG
Minggu IV-V  : Menganalisis
Minggu V-VI  : Penyusun laporan akhir
J.    PENUTUP
Demikian proposal yang kami buat agar menjadi acuan kami dalam meneliti “Pengaruh Bumbu Masak terhadap Daya Ingat Siswa” tidak lupa kritik dan saran sangat kami butuhkan demi kemajuan penelitian kami.



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...